Pages

Minggu, 04 April 2010

Cara-cara Meningkatkan Minat Baca (i ♥ reading)

A. Mulailah membaca buku ato bahan bacaan yang anda senangi.
Misalnya ada penikmat buku komik, ya udah baca komik aja…nggak usah dipaksain baca buku-buku yang bebau politik segala! (emang mau nge-bau-in politik!)
Contoh lain misalnya, anda begitu gemar dengan permainan congklak, ok…gue ngerekomendasikan anda untuk membaca “3 GONGGONG MENERJANG BADAI” (nggak nyambung ya!!hehee..)
Dan kalo anda pengila majalah porno, mending berhenti baca dech!!! (Dari pada ntar otak anda tambah konslet!)
B. Dekati ato sering be’gaul ama anak2 yang doyan baca buku.
Yap…cara yang atu ini emang mujarab. Kita kalo deket ama orang yang doyan baca, pasti bawaannya pengen baca juga, nggak percaya?
Misalnya neh…ada cewek cantik bahenol bak Dian Sastro makan pentol yang lagi ngejugrak sendirian sambil baca majalah, kita pasti pengen baca tuh majalah juga!! Bener nggak?…(bilang aja mo kenalan+PDKT!)
C. Membaca di tempat yang terang.
Ya iyalah..kalo yang ini mutlak, masak mo baca ditempat yang gelap-gelapan seh! Ntar kena wasir, baru tau rasa ente!! (emang apa hubungannya baca ditempat gelap ama wasiran?).
D. Baca buku ditempat yanng tenang.
Emang suasana yang mendukung penting banget dalam meningkatkan minat baca kita. Misalnya kalo loe lagi baca buku kimia sambil naek bajaj, coba gimana? Nggak konsen khan!
Makanya itu, suasana yang tenang emang penting dalam meningkatkan minat baca. Tempat-tempat yang direkomendasikan yaitu: kuburan (selain hari jum’at kliwon, ya…karena dihari itu kerap terdengar suara ketawa-ketiwi mbak kutilanak!). ato yang nggak kalah tenangnya, ya di kutub utara!!
E. Baca buku mulai dari hal2 yang ringan.
Sebagai pemula yang kurang intim dengan buku, mendingan anda mengawali keintiman tersebut dengan membaca buku-buku yang ringan, misalnya ya…“3 GONGGONG MENERJANG BADAI” (lagi-lagi promosi!) ato nggak buku Aljabar yang memuat cara mengeja yang benar!
Jangan sekali-kali anda memulai keitiman anda membaca buku dengan buku yang kelewat berat, misalnya membaca Kahlil Gilbran sambil ngangkat beras seratus kilo….(ya iyalah!!)
F. Kalo anda kurang bisa melakukan kelima tips diatas, jangan berkecil hati! tips yang terakhir pasti mampu dan bisa anda lakukan, yaitu: kawin aja ama pengusaha toko buku!!
Kalo loe kawin ama pengusaha toko buku, secara tidak langsung, anda musti jaga toko dan ngebaca buku, walaupun anda kurang begitu suka dengan ngebaca buku (kecuali kalo anda mau diusir dari rumah mertua anda!).

Yap udah ya, segitu aja tips dari lelakiiamanmertua….tolong sebarin tips ini ke segala penjuru Indonesia, demi meningkatkan derajat pendidikan rakyat indonesia dan mengurangi maksiat (mulai ngaco dech!). kalo nggak disebarin, ntar gue kutuk jadi sabun lho!!
Semoga bermanfaat…..(minimal membuat anda tersenyum untuk hari ini!)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar